HOME

Selasa, 05 April 2016

Proses Komunikasi

Secara singkat komunikasi dapat diartikan sebagai bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Secara jelasnya komunikasi adalah sumber (komunikator) bermaksud menyampaikan gagasan (informasi,saran,peringatan dan lain lain) yang ingin disampaikan kepada penrima dengan maksud tertentu. Gagasan tersebut diterjemahkan menjadi simbol-simbol yang disebut proses encoding dan selanjutnya disebut message. Message tersebut selanjutnya disampaikan melalui saluran (channel) seperti bertatap muka langsung, telefon, maupun surat. Setelah pesan itu sampai di penerima maka terjadilah proses decoding atau penafsiran. Di sini pesan diolah dan ditafsirkan untuk kemudian menimbulkan respon dari penerima. Peristiwa tersebut terjadi berulang kali sehingga disebut proses komunikasi.
Sedangkan menurut Rogers & O. Lawrence Kincaid “Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti“.  Komponen komunikasi agar dapat berlangsung terus menerus adalah ide/gagasan, komunikator, pesan, media dan panca indera penerima. Berikut adalah bagan dari proses komunikasi :

 Sumber/Source – Yaitu pusat informasi atau pengirim informasi. Komunikasi yang terjadi pada kita, bisa dari satu orang atau lebih (kelompok) misalnya sebuah organisasi, perkumpulan dsb. Sumber komunikasi disebut juga komunikator.
Penerima/Receiver – Yaitu pihak dimana ia menjadi tujuan untuk dikirimi pesan atau info oleh sumber (komunikator). Penerima bisa terdiri dari satu orang atau lebih. Penerima juga bisa disebut komunikan.
Pesan/message – Adalah informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima (komunikan). Pesan tersebut bisa disampaikan dengan secara langsung atau melalui media komunikasi yang tersedia.
Media/chanel – Yaitu alat yang digunakan dalam berkomunikasi untuk mengirim pesan (informasi) dari sumber kepada penerima.
Efek – Yaitu sebuah pengaruh yang dipikirkan dan dirasakan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Yang kemudian akan mempengaruhi sikap seseorang dalam menelaah pesan.
Umpan Balik/response – Yaitu sebuah bentuk tanggapan balik dari penerima setelah memperoleh pesan yang diterima.
Pada proses encoding, pengirim atau komunikator menyampaikan pesan yang diterjemahkan melalui kode atau simbol simbol baik secara verbal maupun non verbal yang mudah dimengerti oleh penerima. Berikut adalah beberapa factor yang mempengaruhi ketepatan encoding :
1.      Pesan apa yang akan disampaikan?
Penyampai pesan harus paham betul ide atau gagasan apa yang akan disampaikan pada penerima.
2.      Siapa pihak yang akan menerima pesan?
Perhatikan latar belakang pendidikan dan social, tingkat perkembangan jiwa, mindset dan lain lain. Ada beberapa hal yang dapat menghambat proses komunikasi seperti latar belakang, bahasa, sikap, waktu dan lingkungan.

3.      Dalam bentuk apa pesan disampaikan?
Jika verbal, pilihlah kata atau kalimat yang sesuai dengan penerima pesan. Jika non verbal, kemas pesan sebaik dan seunik mungkin agar tujuan komunikasi bisa tercapai.
Dalam penerimaan pesan ada beberapa tipe, yaitu:
•        Dominan
Ketika khalayak menerima pesan dari media secara penuh dan memaknai pesan tersebut seperti yang diinginkan oleh media maka khalayak berada pada posisi yang dominan. Dalam hal ini berlangsung pertukaran komunikasi yang sempurna.
•        Negosiasi
Khalayak cukup memahami apa yang ditampilkan oleh media, tetapi tidak semua dimaknai sama. Penerimaan dalam tipe ini mengandung dua hal, yaitu unsur adaptif dan oposisi. Hal ini menunjukkan bahwa pesan dinegosiasikan.
•        Alternatif atau Oposisi
Ketika khalayak sama sekali menolak pesan yang disampaikan media maka khalayak tersebut berada pada posisi oposisi. Mereka menolak pesan tersebut karena tidak sesuai dengan pengetahuan atau nilai yang dianutnya.
Dalam berkomunikasi tentunya memiliki fungsi yang jelas sehingga tidak salah sasaran. Beberapa fungsi komunikasi diantaranya :
      Mencapai pengertian satu sama lain
      Membina kepercayaan
      Mengkoordinir tindakan
      Merencanakan strategi
      Melakukan pembagian pekerjaan
      Berbagi rasa
Sebagai manusia yang berpengatahuan tentunya dalam berkomunikasi kita memiliki beberapa etika yang harus diperhatikan, misalnya :
      Diam dan Menyimak
      Tidak Memotong Pembicaraan
      Tidak meninggalkan lawan bicara
      Tidak menepis pembicaraan lawan
      Tidak berusaha menunjukkan bahwa kita lebih pandai




Tidak ada komentar:

Posting Komentar