HOME

Selasa, 26 April 2016

MEDIA MASSA

MEDIA MASSA


A.Pengertian
Media massa atau dengan bahasa lain yaitu mendia komunikasi merupakan media yang digunakan dalam komunikasi publik. Dalam berkomunikasi pasti kita akan membutuhkan sarana dalam penyampaiannya. Tanpa media massa, penyampaian pesan dalam berkomunikasi akan lambat atau bahkan tertunda. Atau bisa juga dikatan bahwa media massa adalah semua sarana yang dipakai untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan ataupun menyebarkan dan juga menyampaikan Informasi.
Menurut Blake dan Horalsen dala, Latuheru, 1988:11, Media komunikasi adalah saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara sumber (pemberi pesan) dengan penerima pesan.
Menurut sadiman, dkk, 2002:6, Media komunikasi adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan mengirim pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat seseorang sehingga proses penyaluran pesan berlangsung efektif dan efisien sesuai yang diharapkan.

B. Hubungan hubungan media dan masyarakat
Komunikasi dilakukan oleh insitusi sosial yang harus peka terhadap kondisi lingkungannya. Ada interaksi tertentu yang akan berlangsung antara media dan masyarakat. Media tidak hanya memengaruhi tatanan politik, sosial dan ekonomi di mana ia berada, namun juga dipengaruhi olehnya.  Oleh sebab itu, untuk memahami media secara baik, kita harus memahami pula lingkungan atau masyarakat di mana media itu berada.

C. Pengaruh teknologi media pd perasaan, pikiran dan tindakan manusia
Media massa diibaratkan sebagai sebuah jarum suntik besar yang memilki kapasitas sebagai Stimulus yang amat kuat dan menghasilkan response yang kuat, spontan, otomatis serta reflektif. Media massa memiliki kekuatan yang laur biasa dapat mempengaruhi ide ke dalam orang yang tidak berdaya.

Sebagai pranata sosial, keberadaannya tidak hanya membuahkan manfaat namun juga masalah: kontrol, pembatasan pemerintah, sarana penunjang ekonomi, dan seterusnya.

D.Bagaimana media kom mempengaruhi masyarakat menurut teori  spiral kebisuan (spiral of silence)
Spiral kebisuan dikembangkan oleh Elizabeth Noelle-Neumann. Teori ini berpendapat bahwa media memiliki efek yang sangat kuat dalam membentuk opini publik.
Menurut teori spiral kebisuan, ada tiga karakteristik komunikasi massa yang dapat berpengaruh pada opini publik, yaitu kumulasi (cummulation) atau penimbunan; ubiquitas (ubiquity): keberadaan media  yang selalu ada dimana-mana; dan konsonansi (consonance) atau persesuaian antara apa yang disampaikan media massa dengan opini publik.

Istilah spiral kebisuan diberikan didasarkan pada logika bahwa semakin tersebar opini yang dominan oleh media massa dalam masyarakat maka semakin senyap pula suara perseorangan yang bertentangan dengan opini mayoritas tersebut
Media massa dapat mempengaruhi spiral kebisuan dengan tiga cara, yaitu :
satu, media membentuk kesan-kesan tertentu tentang opini mana yang dominan;
 dua, media membentuk kesan-kesan tertentu tentang opini yang sedang naik atau berkembang; dan
ketiga, media membentuk kesan tentang opini yang mutlak diperhatikan khalayak tanpa menampilkannya secara khusus.

E. Sejarah Media Massa

•        Era kesukuan (The Triangle Age), manusia mengandalkan alat indera mereka khusunya indera pendengaran untuk berkomunikasi.
•        Era Tulisan (The Age of Literacy), manusia mulai mengenal huruf alfabet kemudian mereka mengembangkan cara berkomunikasi mereka dengan mengandalkan indera penglihatan maka mereka tidak hanya bertutur saja namun mereka juga menuangkannya ke dalam tulisan.
•        Era cetak (The Print Age), karena manusia sudah mengenal tulisan maka diciptakanlah sebuah mesin ketik yang kemudian dapat dicetak.
•        Era Elektrik (The Electronic Age), pada era ini mulai diciptakannya berbagai macam pengembangan dari media massa yang lainnya. Contoh: telegram, telepon, radio, televisi, komputer, dll.

Pada tahapan empat era tersebut kemudian manusia mulai mengembangkan pikiran mereka supaya lebih mudah dan cepat dalam berkomunikasi. Mereka merangkai sebuah jaringan internet yang berisikan informasi lengkap dan ter-update melalui website.

F.  Bentuk-bentuk media massa secara umum yaitu


1.   Media Cetak, Salah satu jenis media massa yang muncul di tahun 1920. Media ini dicetak dalam bentuk lembaran kertas. Contohnya : koran, majalag, buletin, spanduk/pamflet, poster, buku, komik, stiker, tabloid, dsb.
2.   Media Elektrik, Jenis media massa yang pesannya disebarluaskan melalui audio/suara atau gambar ddan suara dengan menggunakan teknologi elektro. Macam media audio yaitu radio, telepon, ht, telegram sedangkan media audio visual yaitu film, video, televisi.
3.   Media Internet/Online, Jenis media massa yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan media massa yang lainnya. Pesan yang disampaikan dapat diakses dalam jaringan internet melalui website. Contohnya : sosial media, google, blog, dsb.




Permasalahan pada jaman sekarang adalah masyarakat sudah jarang memakai media massa jenis cetak untuk sarana penyampaian pesan mereka. Masyarakat sekarang ini lebih suka menggunakan media elektrik atau media internet. Mengapa? Alasannya,
•  Jangkauan penyampaian pesan yang dapat dijangkau terbatas
•  Kecepatan akses informasi kurang cepat
•  Biaya mahal (pencetakan)
•  Tampilan kurang menarik dan kurang diminati
•  Kurang praktis dalam penggunaannya
Peranan media massa sangat berhubungan erat dengan masyarakat. Media massa sangat membantu masyarakat dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi jarak jauh. Harapannya media massa dapat mempengaruhi masyarakat dalam hal positif, bukan hal negatif.

G.Peran Media Massa yang paling menonjol yaitu
1.     Sebagai sarana komunikasi / penyampaian informasi
2.     Sebagai sarana belajar
3.     Sebagai filter/penyaring, bahwa informasi tersebut cocok diberi perhatian atau tidak
4.     Sebagai sarana hiburan

H.Fungsi Media Massa yaitu
# Efektifitas. Dengan adanya media komunikasi akan mempermudah kelancaran dalam penyampaian informasi.
# Efisiensi. Dengan menggunakan media komunikasi akan mempercepat penyampaian informasi.
# Konkrit. Dengan memakai media komunikasi akan membantu mempercepat isi pesan yang memiliki sifat abstrak.
# Motivatif - dengan menggunakan media komunikasi akan lebih semangat melakukan komunikasi.

I.                   Karakteristik media massa yaitu
1.     Publisitas, yakni disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak
2.     Universalitas, pesannya besifat umum
3.     Periodisitas, tetap atau berkala
4.     Kontinuitas, berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan periode mengudara atau jadwal terbit
5.     Aktualitas, berisi hal-hal baru

Sumber :
http://rezqiwahyudi.blogspot.co.id/2015/11/peran-dan-fungsi-media-massa.html
http://romeltea.com/media-massa-makna-karakter-jenis-dan-fungsi/
http://romeltea.com/media-massa-makna-karakter-jenis-dan-fungsi/

http://studijurnalistik.blogspot.co.id/2013/11/jenis-jenis-media-massa-berdasarkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar