MEDIA
MASSA
A.Pengertian
Media massa atau dengan
bahasa lain yaitu mendia komunikasi merupakan media yang digunakan dalam
komunikasi publik. Dalam berkomunikasi pasti kita akan membutuhkan sarana dalam
penyampaiannya. Tanpa media massa, penyampaian pesan dalam berkomunikasi akan
lambat atau bahkan tertunda. Atau bisa juga dikatan bahwa media massa adalah
semua sarana yang dipakai untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan
ataupun menyebarkan dan juga menyampaikan Informasi.
Menurut Blake dan Horalsen
dala, Latuheru, 1988:11, Media komunikasi adalah saluran komunikasi yang
digunakan untuk menyampaikan pesan antara sumber (pemberi pesan) dengan
penerima pesan.
Menurut sadiman, dkk,
2002:6, Media komunikasi adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan dan mengirim pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan minat seseorang sehingga proses penyaluran
pesan berlangsung efektif dan efisien sesuai yang diharapkan.
B. Hubungan
hubungan media dan masyarakat
Komunikasi
dilakukan oleh insitusi sosial yang harus peka terhadap kondisi lingkungannya.
Ada interaksi tertentu yang akan berlangsung antara media dan masyarakat. Media
tidak hanya memengaruhi tatanan politik, sosial dan ekonomi di mana ia berada,
namun juga dipengaruhi olehnya. Oleh
sebab itu, untuk memahami media secara baik, kita harus memahami pula
lingkungan atau masyarakat di mana media itu berada.
C. Pengaruh
teknologi media pd perasaan, pikiran dan tindakan manusia
Media
massa diibaratkan sebagai sebuah jarum suntik besar yang memilki kapasitas
sebagai Stimulus yang amat kuat dan menghasilkan response yang kuat, spontan,
otomatis serta reflektif. Media massa memiliki kekuatan yang laur biasa dapat
mempengaruhi ide ke dalam orang yang tidak berdaya.
Sebagai pranata sosial,
keberadaannya tidak hanya membuahkan manfaat namun juga masalah: kontrol,
pembatasan pemerintah, sarana penunjang ekonomi, dan seterusnya.
D.Bagaimana
media kom mempengaruhi masyarakat menurut teori
spiral kebisuan (spiral of silence)
Spiral kebisuan
dikembangkan oleh Elizabeth Noelle-Neumann. Teori ini berpendapat bahwa media
memiliki efek yang sangat kuat dalam membentuk opini publik.
Menurut
teori spiral kebisuan, ada tiga karakteristik komunikasi massa yang dapat berpengaruh
pada opini publik, yaitu kumulasi (cummulation) atau penimbunan; ubiquitas
(ubiquity): keberadaan media yang selalu
ada dimana-mana; dan konsonansi (consonance) atau persesuaian antara apa yang
disampaikan media massa dengan opini publik.
Istilah spiral kebisuan
diberikan didasarkan pada logika bahwa semakin tersebar opini yang dominan oleh
media massa dalam masyarakat maka semakin senyap pula suara perseorangan yang
bertentangan dengan opini mayoritas tersebut
Media massa dapat
mempengaruhi spiral kebisuan dengan tiga cara, yaitu :
satu,
media membentuk kesan-kesan tertentu tentang opini mana yang dominan;
dua, media membentuk
kesan-kesan tertentu tentang opini yang sedang naik atau berkembang; dan
ketiga,
media membentuk kesan tentang opini yang mutlak diperhatikan khalayak tanpa
menampilkannya secara khusus.
E. Sejarah
Media Massa
• Era kesukuan (The Triangle Age), manusia
mengandalkan alat indera mereka khusunya indera pendengaran untuk
berkomunikasi.
• Era Tulisan (The Age of Literacy),
manusia mulai mengenal huruf alfabet kemudian mereka mengembangkan cara
berkomunikasi mereka dengan mengandalkan indera penglihatan maka mereka tidak
hanya bertutur saja namun mereka juga menuangkannya ke dalam tulisan.
• Era cetak (The Print Age), karena
manusia sudah mengenal tulisan maka diciptakanlah sebuah mesin ketik yang
kemudian dapat dicetak.
• Era Elektrik (The Electronic Age), pada
era ini mulai diciptakannya berbagai macam pengembangan dari media massa yang
lainnya. Contoh: telegram, telepon, radio, televisi, komputer, dll.
Pada tahapan empat era
tersebut kemudian manusia mulai mengembangkan pikiran mereka supaya lebih mudah
dan cepat dalam berkomunikasi. Mereka merangkai sebuah jaringan internet yang
berisikan informasi lengkap dan ter-update melalui website.
F. Bentuk-bentuk
media massa secara umum yaitu
1. Media
Cetak, Salah satu jenis media massa yang muncul di tahun 1920. Media ini
dicetak dalam bentuk lembaran kertas. Contohnya : koran, majalag, buletin,
spanduk/pamflet, poster, buku, komik, stiker, tabloid, dsb.
2. Media
Elektrik, Jenis media massa yang pesannya disebarluaskan melalui
audio/suara atau gambar ddan suara dengan menggunakan teknologi elektro. Macam
media audio yaitu radio, telepon, ht, telegram sedangkan media audio visual
yaitu film, video, televisi.
3. Media
Internet/Online, Jenis media massa yang mempunyai banyak keunggulan
dibandingkan dengan media massa yang lainnya. Pesan yang disampaikan dapat
diakses dalam jaringan internet melalui website. Contohnya : sosial media,
google, blog, dsb.
Permasalahan pada jaman
sekarang adalah masyarakat sudah jarang memakai media massa jenis cetak untuk
sarana penyampaian pesan mereka. Masyarakat sekarang ini lebih suka menggunakan
media elektrik atau media internet. Mengapa? Alasannya,
• Jangkauan penyampaian pesan yang dapat
dijangkau terbatas
• Kecepatan akses informasi kurang cepat
• Biaya mahal (pencetakan)
• Tampilan kurang menarik dan kurang diminati
• Kurang praktis dalam penggunaannya
Peranan media massa sangat
berhubungan erat dengan masyarakat. Media massa sangat membantu masyarakat
dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi jarak jauh. Harapannya media massa
dapat mempengaruhi masyarakat dalam hal positif, bukan hal negatif.
G.Peran
Media Massa yang paling menonjol yaitu
1. Sebagai
sarana komunikasi / penyampaian informasi
2. Sebagai
sarana belajar
3. Sebagai
filter/penyaring, bahwa informasi tersebut cocok diberi perhatian atau tidak
4. Sebagai
sarana hiburan
H.Fungsi
Media Massa yaitu
#
Efektifitas. Dengan adanya media komunikasi akan mempermudah kelancaran dalam
penyampaian informasi.
# Efisiensi. Dengan
menggunakan media komunikasi akan mempercepat penyampaian informasi.
# Konkrit. Dengan
memakai media komunikasi akan membantu mempercepat isi pesan yang memiliki
sifat abstrak.
# Motivatif - dengan
menggunakan media komunikasi akan lebih semangat melakukan komunikasi.
I.
Karakteristik media massa yaitu
1. Publisitas, yakni disebarluaskan kepada
publik, khalayak, atau orang banyak
2. Universalitas,
pesannya besifat umum
3. Periodisitas,
tetap atau berkala
4. Kontinuitas, berkesinambungan atau
terus-menerus sesuai dengan periode mengudara atau jadwal terbit
5. Aktualitas,
berisi hal-hal baru
Sumber :
http://rezqiwahyudi.blogspot.co.id/2015/11/peran-dan-fungsi-media-massa.html
http://romeltea.com/media-massa-makna-karakter-jenis-dan-fungsi/
http://romeltea.com/media-massa-makna-karakter-jenis-dan-fungsi/
http://studijurnalistik.blogspot.co.id/2013/11/jenis-jenis-media-massa-berdasarkan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar